Kuliah Ekonomi Islam

Inspirasi STEI HAMFARA

Kondisi perekonomian domestikmaupun internasional mutakhir menuntut kita untuk mencermatinya secara serius dengan sudut pandang yang khusus. Perekonomian yang dengan paradigm kapitalistik dan sosialistik ternyata gagal membawa kesejahteraan sebagaimana yang dicita-citakan.  Pada akhirnya, ketimpangan tatanan ekonomi dunia memaksa berbagai kalangan menengok system ekonomi alternatif, yakni sistem ekonomi Islam.

Sistem ekonomi Islam secara konseptual telah banyak dibahas dalam kajian fiqih muamalah klasik oleh banyak ulama dan cendekiawan muslim terdahulu. Dewasa ini, kajian ekonomi Islam sebagai sebuah alternatif pemecahan problematika kesejahteraan dirasakan besar. Hal ini dibuktikan dengan maraknya kajian kajian tentang sistem ekonomi Islam baik dalam lembaga formal maupun non formal.

Berkembangnya jumlah lembaga keuangan syariah nasional maupun internasional, serta lahirnya berbagai kebijakan pemerintah di sector perbankan syariah menunjukkan bahwa ekonomi Islam telah membuktikan secara empirik mampu menjalankan funsinya secara elegan.

Mewarisi semangat cendekiawan dan ulama muslim terdahulu yang senatiasa menegakkan izzah Islam, STEI Hamfara terinspirasi untuk dapat mengambil bagian dalam mengembangkan dan mensosialisasikan ekonomi Islam dengan memberikan pengabdiannya yang excellence dalam bidang pendidikan tinggi.

Lembaga pendidikan tinggi dituntut untuk selalu memacu kualitas pendidikan, akan tetapi dihadapkan pada fakta menurunnya daya beli masyarakat yang berpengaruh pada menurunnya kemampuan masyarakat untuk melanjutkan kuliah. Sedangkan pada umumnya lembaga pendidikan mengandalkan biaya operasional dari biaya kuliah mahasiswa. Sehingga hanya yang mampu membayar mahal yang akan mendapatkan pendidikan yang berkualitas, dan yang tidak mampu membayar maka tidak mendapatkan kesempatan pendidikan.

Idealnya tugas dan kewajiban pemerintahlah untuk menjamin setiap warganya memperoleh pendidikan dan menjamin akses masyarakat bawah untuk mendapatkan pendidikan bermutu tanpa dipungut biaya pendidikan. Namun hal ini tidak terjadi di Indonesia, bahkan untuk setara SD Inpres yang sebagian besar kurang layak menghasilkan keluaran peserta didik yang bermutupun, masih ada pungutan-pungutan, apalagi pada strata perguruan tinggi. Oleh karena itu sudah saatnya peran mewujudkan pendidikan gratis dilakukan pula oleh pengelola lembaga-lembaga pendidikan tinggi.

Menjawab kebutuhan negeri ini akan sumberdaya yang berkualitas sebagai pelaku ekonomi yang memahami dan mengamalkan etika bisnis Islam dalam kegiatan bermuamalah maupun berekonomi, kompeten dalam dunia bisnis sekaligus matang dalam memahami konsep serta pengembangan ilmu ekonomi Islam, maka didirikanlah STEI Hamfara di Jogjakarta.

Itulah yang mendorong STEI Hamfara untuk melakukan langkah radikal revolusioner dengan menyelenggarakan pendidikan bebas bead an berkualitas. Sekolah  Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Hamfara, yang merupakan kelanjutan dari Jurusan Ekonomi Islam (JEI) STAIN Surakarta – SEM Institute yang dimulai sejak tahun 2000 adalah penyelenggara pendidikan ekonomi syariah.

Visi dan Misi

Visi

“Menjadi lembaga pendidikan tinggi ekonomi Islam bermutu tinggi dan unggul di Indonesia

Misi

  • Mengembangkan Ilmu ekonomi, manajemen syariah dan perbankan Islami;
  • Membangun jaringan sumberdaya ekonomi syariah untuk kesejahteraan ummat;
  • Memperkuat, memperlebar dan memperbanyak jaringan profesional perbankan syariah di Indonesia

Tujuan

  • Menyelenggarakan pendidikan tinggi Ekonomi Islam jenjang S-1 yang berkualitas dan berkelas, unggul dalam kurikulum, unggul dalam metode belajar-mengajar dan umggul dalam infrastruktur;
  • Mencetak tenaga ahli ekonomi syariah yang amanah, cerdas dalam pemikiran, terampil dalam kerja dan prima dalam karya.

Progam pendidikan

1. strata 1 Keuangan dan Perbankan Syariah

Bertujuan menghasilkan lulusan yang mampu mengelola dana perusahaan, lembaga keuangan syariah (koperasi, asuransi dan perbankan syariah maupun perencana keuangan syariah)

2. Strata 1 Manajemen Syariah

Bertujuan menghasilkan sarjana yang memiliki kemampua Praktik dan teoritik manajemen khususnya dalam analisis pengelolaan usaha secara Islami dan penerapannya secara fungsional dalam pekerjaan sehari-hari dengan tetap memperhatikan prinsip-prinsip manajemen syariah.

Progam Studi dan Konsentrasi

Progam Studi : Keuangan dan Perbankan Syariah

Konsentrasi:

  • Bank Syariah
  • Koperasi Syariah dan BMT
  • Asuransi Syariah
  • Perencanaan Keuangan Syariah

Progam Studi : Manajemen Syariah

Konsentrasi:

  • Manajemen Perusahaan Syariah
  • Kewirausahaan Syariah
  • Investasi Syariah

Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru STEI Hamfara

KOMPLEKS KAMPUS TERPADU STEI HAMFARA

Dsn Kenalan Sikepan Kel.Bangunjiwo Kec.Kasihan Kab.Bantul Yogyakarta

Telp. ( 0274 ) 6577411

Contact Person : Wahyudianto.SEI [08157 87 57081]

http://pmbhamfara.wordpress.com/kuliah-gratis-2/

5 Comments

5 thoughts on “Kuliah Ekonomi Islam

  1. Sampai saat ini kita belum mendefinisikan apa itu ekonomi Islam atau ekonomi syariah. Kita baru memberikan sinyalemen, berupa ekonomi Islam bukan itu bukan ini tetapi itu dan ini.
    Ketiadaan definisi ini membuat kita terperangkap pada menyempitkan ekonomi Islam itu seperti kita campur baurkan perbankan syariah dan ekonomi syariah. Festifal ekonomi syariah isinya perbankan syariah. Dimana posisi sektor riil yang menjadi inti kegiatan ekonomi? Dimana ekonomi lingkungan yang persoalannya mulai menyiksa kita?
    Kalau ruang lingkup ekonomi Islam kita sudah tentukan, maka kita akan tergugah mengisi bagian bagian yang kosong pada ruang lingkup itu. sehingga ekonomi Islam akan menjadi sempurna, bukan sekedar perbankan syariah seperti sekarang.

  2. memang Ekonomi Islam lebih luas dari pada Perbankan syariah, dan Islam lebih lebih luas dari pada Ekonomi Islam yang baru naik daun dalam tataran akademisi dan praktisi, sedangkan perbankan yang sudah ada merupakan penguat sistem moneter yang ada dalam kapitalisme….akan lebih bijak jika kita melihat Islam sebagai pandangan hidup yang memancarakan berbagai macam sistem, agar mengetahui mana yang berasal dari Islam dan mana yang bukan dari pandangan Islam! tetapi kendala saat ini adalah para pemikir Islam dan para mujtahid yang kurang konsen dalam khususnya Ekonomi. ada pertanyaan yg muncul apakah Islam mempunyai konsep sendiri atau tidak?ataukah seperti opini Perbankan syariah hanya subordinat dari sistem kapitalisme?! untuk itu kami STEI Hamfara berambisi untuk mencetak para mujtahid2 khususnya dalam masalah Ekonomi Islam…..

  3. Dewi Lina Umamah

    Assalaamu’alaikum, ,
    .
    Persyaratan daftarnya apa saja?

    Wa’alaikumussalam Wr WBb,
    Proses pendaftaran Mahasiswa Baru STEI Hamfara Tahun Akademik 2012/2013

    1.Melengkapi Persyaratan Pendaftaran

    2.Datang Langsung dan Daftar ke Panitia PMB Hamfara Dsn.Kenalan Kel.Bangunjiwo Kec.Kasihan Bantul Yogyakarta

    3.Langsung Mengikuti seleksi tertulis dan seleksi wawancara.

    4.Pengumuman Kelulusan.

    Pendaftaran STEI Hamfara 2012/2013.Klik Disini

  4. mas, tolong bantu publish berita ini http://putra-dayeuhluhur.blogspot.com/2013/01/beasiswa-untuk-hamfara.html#more

    matursuwun

    Okeee

  5. novita sari

    Assalamualaikum wr.wb
    bisa tidak pendaftarannya tidak datang langsung ????
    mungkin secara online gitu..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: