Beasiswa Alumni untuk Mahasiswa Hamfara


 

 
Alhamdulillah wassholatu wassalaamu ‘ala rosulillah. Berkat usulan dari Kang Azies Rahman, Ikatan Alumni STEI Hamfara (ILHAM) 07 (angkatan KKN ke-2 Th 2010, atau tahun kelulusan 2011) akhirnya membuat sebuah aksi kepedulian bagi adik-adik angkatan yang masih menjalani kuliah di STEI Hamfara. Aksi kepedulian itu berupa santunan/beasiswa bagi adik-adik kelas yang membutuhkan, bisa karena kurang mampu atau kurang mampu dan berprestasi. Kami berharap santunan yang tak seberapa ini dapat bermanfaat dan semoga kedepannya nilainya semakin bertambah dan tidak hanya sebatas santunan bagi adik angkatan, bisa juga untuk fasilitas umum kampus dan ma’had yang dapat dinikmati bersama dalam proses belajar mengajar. Allahumma aamiin…


Ketentuan donasi atau santunan sebagai berikut:

A. Pengumpulan dana

 

  • Dana diberikan dalam bentuk uang minimal Rp 20.000/bulan
  • Dana ditransfer terlebih dahulu ke no rek 028.590.2151 BNI Syariah a.n Ojon
  • Mohon memberikan sms konfirmasi ke 0852.9441.0524 atau 0878.3936.7873 dengan format “DonasiHamfara spasi Nama Bulan&Tahun spasi Nominal spasi Ket”. Contoh: DonasiHamfara Adit Jan13 50.000 utk 1 bulan atau DonasiHamfara Hardi S Feb13 500.000. utk 2 bulan Atau yang penting pemberitahuan mengenai jumlah yang ditransfer agar memudahkan dalam proses auditnya nanti.
  • Diupayakan agar santunan ditransfer sebelum tanggal 10 tiap bulannya

B. Penyaluran dana

  • Penyaluran untuk sementara ini diberikan kepada adik-adik angkatan mahasiswa Hamfara, baik ikhwan maupun akhwat, yang benar-benar membutuhkan.
  • Kriterianya yaitu kurang mampu dan berprestasi, yang dimaksud berprestasi di sini adalah bersyakhshiyah Islam.
  • Penilaian ‘kurang mampu dan berprestasi’ dan prioritas siapa yang membutuhkan akan dilakukan oleh perwakilan kami, Ukhti Netty T, sekaligus perwakilan kami yang masih di kampus.
  • Penilaian tersebut juga dibantu oleh para amir amiroh setiap angkatan. Sehingga memudahkan tim yang menyalurkan dana. Alangkah baiknya jika para amir amiroh mengajukan mahasiswa/i mana yang pantas mendapatkan beasiswa kepada tim kami di kampus.
  • Penyaluran dana dilakukan antara tanggal 10-15 tiap bulannya.

C. Pelaporan

  • Setiap bulan akan ada laporan dari pihak penghimpun dana maupun dari pihak penyalur dana, sehingga teman-teman yang menjadi donatur dapat menilai dan memberi masukan untuk donasi bulan berikutnya.
  • Laporan akan diupdate di blog saya [www.putra-dayeuhluhur.blogspot.com] juga melalui pesan bersama FB, via email (silahkan kirimkan permintaan laporan bulanan ke asalicksjon@gmail.com). Format laporan bisa diunduh di sini

 

Bagi ikhwah sekalian yang ingin berpartisipasi kami persilahkan, semoga ini menjadi salah satu amal yang akan menolong kita di yaumil akhir. Aamiin…
 
قُلْ إِنَّ رَبِّي يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ وَيَقْدِرُ لَهُ وَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ وَهُوَ خَيْرُالرَّازِقِينَ 

Katakanlah: “Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya)”. Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia lah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya (QS Saba’ [34]: 39)
 
« مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ وَمَا زَادَ اللَّهُ عَبْدًا بِعَفْوٍ إِلاَّ عِزًّا وَمَا تَوَاضَعَ أَحَدٌ لِلَّهِ إِلاَّ رَفَعَهُ اللَّهُ ».

Dari Abu Hurairah dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sedekah itu tidak akan mengurangi harta. Tidak ada orang yang memberi maaf  kepada orang lain, melainkan Allah akan menambah kemuliaannya. Dan tidak ada orang yang merendahkan diri karena Allah, melainkan Allah akan mengangkat derajatnya.“ (HR Muslim, at-Tirmidzi, dan Ahmad dari Abu Hurairah)
 
 مَنْ تَصَدَّقَ بِعَدْلِ تَمْرَةٍ مِنْ كَسْبٍ طَيِّبٍ – وَلاَ يَقْبَلُ اللَّهُ إِلاَّ الطَّيِّبَ – وَإِنَّ اللَّهَ يَتَقَبَّلُهَا بِيَمِينِهِ ، ثُمَّ 
 
يُرَبِّيهَا لِصَاحِبِهِ كَمَا يُرَبِّى أَحَدُكُمْ فَلُوَّهُ حَتَّى تَكُونَ مِثْلَ الْجَبَلِ  

Dari Abu Huraira ra, ia berkata: “Rasulullah saw bersabda : “Siapa yang bersedekah dengan sebiji korma yang berasal dari  usahanya yang halal lagi baik (Allah tidak menerima kecuali dari yang halal lagi baik), maka sesungguhnya Allah menerima sedekah tersebut dengan tangan kanan-Nya kemudian Allah menjaga dan memeliharnya untuk pemiliknya seperti seseorang  di antara kalian yang menjaga dan memelihara anak kudanya. Hingga sedekah tersebut menjadi sebesar gunung (Muttafaq ’Alaih)
Categories: Uncategorized | Tags: , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: