Bikin Buletin untuk Takbiran


Buletin Untuk Takbiran (Recommended)!

Assalamu’alaikum Wr wb…

Melihat beberapa kali takbiran yang ada..sepertinya tidak da yg berbeda dari yang lain..

berlomba-lomba dalam kreatifitas, untuk menyemarakkan syiar Islam…yak itu tujuan utama!

tapi sering kali tujuan yang mulia itu justru luntur tanpa disadari…dan tidak berpengaruh banyak dengan perubahan umat…..

maka sekalikali bagaimana kalo takbiran juga ada pembagian buletin/leaflet/opini apa saja yang menggungah…bisa tentang refleksi atau ajakan kepada Islam…

maka dari itu saya mencoba mempraktekan…bagi2 buletin ketika Takbiran keliling..harapannya ada respon dari masyarakat untuk jangka pendek maupun jangka panjang..

ini teks yang sengaja disingkat menjadi 1/2 halaman kuarto…agar minimalis ketika di fotokopi…

silahkan mengopi kalau mau…

Kembali Fitri dengan penuh ketaqwaan Kepada Allah

Ramadhan bulan yang penuh berkah telah meninggalkan kita, dan idul fitri hadir di tengah-tengah kita, itulah sunatullah, tapi sudahkah kita muhasabah (instropeksi diri), layakkah kita menyandang derajat taqwa, sesuai dengan firman Allah dalam perintah untuk puasa ramadhan “laalakum tattaqun”? sudahkah kita kembali ke fitrah, di hari yang fitri esok?Pertanyaan ini penting untuk dijawab dengan JUJUR, agar kita tidak sia-sia meninggalkan bulan ramadhan dan merayakan hari idul fitri tanpa kehampaan.
Idul fitri biasa diartikan dengan kembali ke fitrah, esensi dari Idul Fitri adalah kembalinya manusia ke jatidirinya yang asli sebagai seorang hamba di hadapan Allah sebagai Tuhannya. Menurut Imam Ja’far ash-Shadiq, seorang Muslim yang mengklaim sebagai hamba Allah mesti menyadari bahwa:: 1) Apa yang ada pada dirinya bukanlah miliknya, tetapi milik Allah; 2) Tunduk, patuh dan tidak pernah membantah setiap perintah Allah; 3) Tidak membuat aturan sendiri kecuali aturan yang telah Allah tetapkan untuk dirinya.
Wahai kaum muslim, ketaqwaan yang sejati adalah kita berusaha untuk mengamalkan segala hal yang diperintahkan oleh Allah dan menjauhi segala hal yang dilarang-Nya, Karena itu, dalam momentum Idul Fitri ini, yang berarti kembali ke fitrah, sudah selayaknya kaum Muslim segera kembali berusaha menerapkan semua aturan-aturan Islam (syariah) yang memang sesuai dengan fitrah manusia dalam semua aspek kehidupan. Sebaliknya, sudah selayaknya kaum Muslim segera meninggalkan berbagai aturan kufur yang berasal dari sekularisme, yang nyata-nyata bertentangan dengan fitrah manusia, dan terbukti banyak menyengsarakan umat manusia. Maha benar Allah dalam firman-Nya:

Apakah hukum Jahiliyah yang mereka kehendaki, dan (hokum) siapakah yang lebih baik daripada (hokum) Allah bagi orang-orang yang yakin? (Al-Maidah: 50)


Karena itu, kita patut melihat dan meneladani kebiasaan shaum generasi Sahabat, antara lain:
Pertama: Selain membaca (tadarus) Alquran di bulan Ramadhan dan di bulan lain, para Sahabat juga mengamalkannya. Sebab, para Sahabat memahami bahwa membaca al-Quran adalah sunnah, sementara menjadikan al-Quran sebagai pedoman hidup mereka adalah wajib.
Kedua: Para Sahabat tidak hanya menahan lapar dan haus, tetapi juga menahan diri dari segala hal yang diharamkan oleh Allah; tidak berdusta, tidak berbuat batil, tidak membuat kerusakan dan tentu saja tidak berhukum pada selain hukum Allah Swt.
Ketiga: Para Sahabat telah nyata-nyata menjadikan bulan Ramadhan sebagai bulan tobat. Tobat mereka adalah tawbah nasûhâ, tobat yang sebenar-benarnya.
Semoga dengan berlalunya Ramadhan ini, kita sadar dan berusaha untuk tidak melakukan kemaksiatan kepada Allah. Sungguh maksiat terbesar yang harus segera ditinggalkan kaum Muslim saat ini adalah ketika mereka tidak menerapkan aturan-aturan Allah dalam seluruh aspek kehidupan.
azinuddin.wordpress.com

Categories: Dakwah Islam | Tags: , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: