Jam Tangan


oleh : D & S*

Alkisah… Seorang pembuat jam tangan berkata kepada jam yang sedang dibuatnya. “Hai jam, apakah kamu sanggup untuk berdetak sebanyak 31.104.000 kali selama setahun?” “Haa…?” Kata jam terperanjat, “Mana mungkin?” Pembuat jam tersebut bertanya kembali, “Bagaimana kalau 86.400 kali dalam sehari?” Lalu jam pun menjawab dengan penuh keraguan “Jarum-jarumku kurus seperti ini, mana sanggup aku melakukannya?”

Pembuat jam tak menyerah untuk bertanya lagi, “Bagaimana kalau 3600 kali dalam satu jam?”. Jam tersebut kembali menjawab, “Dalam satu jam harus berdetak 3600 kali? Wahh… banyak sekali” pembuat jam itu dengan penuh kesabaran lalu berbicara kepada si jam, “kalu begitu, sanggupkah kamu berdetak satu kali saja setiap detik?”. Lalu si jam menjawab dengan penuh antusias “Naaaa…, kalau begitu, aku sih sanggup…!!!”

Maka, setelah selesai dibuat, jam berdetak satu kali setiap detik. Tanpa terasa, detik demi detik terus berlalu dan jam itu sungguh luar biasa karena ternyata selama satu tahun penuh dia telah berdetak tanpa henti sebanyak 31.104.000 kali.

Berdasarkan kisah di atas ada satu pelajaran berharga yang bisa kita dapatkan. Ternyata segala sesuatu yang seringkali kita anggap berat atau bahkan tidak mungkin untuk dilakukan, dapat dilakukan dengan mudah bila kita berani memulai menjalankannya. Keberhasilan besar akan dapat diperoleh dengan meraih dan mengumpulkan keberhasilan-keberhasilan kecil.

Bila kita mau belajar dari kisah jam tangan di atas, maka opini yang selama ini kita dengung-dengungkan untuk mendirikan Khilafah bukanlah hal yang sulit untuk diwujudkan. Dengan model dakwah MLM yakni, satu orang menyampaikan ilmunya kepada tiga orang dan setiap orang dari ketiga orang tadi menyampaikan ilmunya kepada tiga orang lain yang berbeda. Bukan tidak mungkin 2020 nanti Khilafah Islamiyah akan berdiri sebagaimana yang telah diprediksi oleh CIA.

Namun berhasil tidaknya usaha ini tergantung pada umat Islam sendiri. Apakah akan sibuk untuk memperdebatkan masalah-masalah cabang dan melupakan permasalahan pokok yaitu kemaslahatan umat atau berjuang bersama-sama dengan cara masing-masing? (Wallahu ‘alam bishshawab)

Sebagaimana kita ketahui selama ini musuh-musuh Islam tidak menginginkan adanya persatuan Islam. Oleh sebab itu, mereka terus mengadu domba umat Islam sehingga umat Islam terkotak-kotak dalam organisasi masing-masing. Terlebih lagi ormas-ormas Islam tersebut merasa benar sendiri dan menjelek-jelekkan bahkan mengkafirkan yang lain. Permasalahan-permasalahan inilah yang membuat umat Islam lupa dengan permasalahan pokok, yaitu mewujudkan kemaslahatan umat dan tegaknya syari’ah Islam yang semua itu hanya bisa diwujudkan dengan adanya Khilafah Islamiyyah.

Oleh karena itu, sudah sepantasnya kita sebagai mahasiswa muslim mengawali perjuangan itu bersama-sama tanpa memandang siapa dan dari organisasi mana. Yang terpenting sekarang adalah berjuang bersama dengan konsentrasi pada langkah perjuangan masing-masing, yang politik konsentrasi pada bidang politik, yang pendidikan konsentrasi pada usaha membentuk pribadi muslim yang cerdas, tetapi berakhlak Islami, dsb. Walaupun berbeda-beda usaha yang dijalankan, semua itu harus bersinergi dengan satu tujuan mendirikan Khilafah Islamiyyah demi terwujudnya kemaslahatan umat.

*temen di kampus

Categories: Motivasi | Tags: | 1 Comment

Post navigation

One thought on “Jam Tangan

  1. azinuddin

    duh…tuh edit halamannya gimana ya???
    ada yg tau ga???
    kasih commentnya….thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: